Pages

12/24/12

Eclipse

Eclipse

      Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:
1. Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.

2. Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.

3. Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.

      Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.
 Sejarah
      Eclipse awalnya dikembangkan oleh IBM untuk menggantikan perangkat lunak IBM Visual Age for Java 4.0. Produk ini diluncurkan oleh IBM pada tanggal 5 November 2001, yang menginvestasikan sebanyak US$ 40 juta untuk pengembangannya. Semenjak itu konsursium Eclipse Foundation mengambil alih untuk pengembangan Eclipse lebih lanjut dan pengaturan organisasinya.
 Versi Peluncuran
      Sejak tahun 2006, Eclipse Foundation mengkoordinasikan peluncuran Eclipse secara rutin dan simultan yang dikenal dengan nama Simultaneous Release. Setiap versi peluncuran terdiri dari Eclipse Platform dan juga sejumlah proyek yang terlibat dalam proyek Eclipse. Tujuan dari sistem ini adalah untuk menyediakan distribusi Eclipse dengan fitur-fitur dan versi yang terstandarisasi. Hal ini juga dimaksudkan untuk mempermudah deployment dan maintenance untuk sistem enterprise, serta untuk kenyamanan.Peluncuran simultan dijadwalkan pada bulan Juni setiap tahunnya.

Kode Peluncuran
Tanggal peluncuran
Platform
Nama Proyek
Eclipse 3.0
3.0

Eclipse 3.1
3.1

callisto
3.2
Europa
3.3
Ganymede
3.4
Galileo
3.5
Helios

3.6



Eclipse UI ikhtisar
Eclipse menyediakan perspektif, pandangan dan editor. Tampilan dan editor dikelompokkan kedalam perspektif. Semua proyek berlojasi diruang kerja:

1.Workspace
Workspace adalah tempat proyek kerja dan semua data disimpan seperti file sumber, gambar dan artefak lainnya disimpan di ruang kerja
2. Persperktif
Perspektif adalah wadah visual untuk satu set pandangan dan editor. Satu set fungsionalitas yang bertujuan mencapai jenis tugas tertentu dengan jenis – jenis sumber daya.
3.Tampilan dan editors
Dukungan tampilan editor dan memberikan presentasi alternative serta cara untuk menelusuri informasi dalam workbench anda. Sebagai contoh, navigator dan pandangan navigasi lainnya menampilkan proyek – proyek dan sumber daya lain yang bekerja  dengan anda. Sebagian besar perspektif dalam workbench terdiri dari daerah editor dan satu atau lebih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls